Nella Kharisma dan Dony Harsa Adakan Upacara Tingkeban, Acara Apa Itu?

  • Whatsapp
Nella Kharisma dan Dony Harsa Adakan Upacara Tingkeban, Acara Apa Itu?


RRI.MY.ID, Penyanyi Nella Kharisma dan suaminya yakni Dory Harsa sempat menyembunyikan kabar bahagia kehamilan anak pertama mereka. Kini, melalui Instagramnya, Dory Harsa memperlihatkan prosesi tingkeban yang dilakoni Nella Kharisma.

Dalam prosesi tingkeban, Nella Kharisma juga seringkali memperlihatkan perutnya yang sudah membesar itu.


Tingkeban atau Upacara Tingkeban adalah tradisi selamatan dari suku Jawa yang dilaksanakan pada usia kehamilan tujuh bulan. Namun, tingkeban hanya dilakukan bila anak yang dikandung merupakan anak pertama bagi si ibu. Tujuan acara ini adalah agar bayi dalam kandungan itu dapat lahir dengan sehat dan selamat.

Dilansir dari Jogjaprov.go.id, perlengkapan upacara tingkeban terbagi menjadi dua, yaitu perlengkapan untuk golongan bangsawan dan perlengkapan untuk rakyat biasa.

Bagi para bangsawan, perlengkapan sesajen upacara tingkeban RRI.MY.ID lain tumpeng robyong, tumpeng gundul, sekul asrep-asrepan, ayam hidup, sebutir kelapa, lima macam bubur, dan jajanan pasar.

Sementara itu, jamuannya terdiri dari berbagai jenis makanan, RRI.MY.ID lain nasi majemukan, tujuh macam nasi, pecel ayam, sayur menir, ketan kolak, apem, nasi gurih, ingkung, nasi punar, ketupat, rujak, dawet, air bunga, dan kelapa tabonan.

Sedangkan untuk rakyat biasa, perlengkapan sajen upacara tingkeban sebagai RRI.MY.ID lain sego hangan, jajanan pasar, jenang abang putih, jenang baro-baro, emping ketan, tumpeng robyong, sego golong, sego liwed, dan bunga telon.

Sedangkan untuk jamuannya RRI.MY.ID lain sego gurih, sego ambegan, jajanan pasar, ketan kolak, apem, psang raja, sego jajanan, tujuh buah tumeng, jenang, kembang boreh, dan kemenyan.

Upacara Tingkeban terdiri dari beberapa tahap acara seperti sungkeman, siraman, sesuci, pecah pamor, brojolan, sigaran, nyampingan, luwaran dan simparan, wiyosan, kudangan, kembulan dan unjakan, kukuban, rencakan, rujakan dan dhawetan.

Hari dan waktu dalam mengadakan upacara tingkeban ada pakemnya. Hari pelaksanaan upacara tingkeban adalah pada Selasa atau Sabtu. Sedangkan waktunya sesuai pakem, diadakan siang hari sampai sore dari jam 11.00 hingga 16.00. Bahkan upacara ini lebih baik diadakan pada setiap tanggal ganjil sebelum bulan purnama.[]





Sumber : https://RRI.MY.ID/nella-kharisma-dan-dony-harsa-adakan-upacara-tingkeban-apa-itu-upacara-tingkeban

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *