5 Alasan Bali Adalah Tujuan Wisata Menarik untuk Anak! – RRI.MY.ID

  • Whatsapp


Bepergian ke daerah lain bisa menjadi pilihan yang tepat untuk liburan keluarga. Kali ini, kami merekomendasikan Bali sebagai tujuan liburan keluarga.

Hal ini karena Bali tidak hanya menyajikan daya tarik bagi para turis dewasa. Ada banyak hal yang bisa anak-anak lakukan selama berlibur di Bali. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga budaya. Anak-anak bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan sekaligus belajar banyak hal.

Baca Juga : Travelling Bersama Si Kecil? Yuk, Perhatikan 5 Destinasi Wisata Berikut Ini!

Berikut ini adalah alasan kenapa Bali menjadi tempat yang cocok untuk liburan keluarga. Terlepas dari lengkapnya fasilitas untuk wisatawan, ada banyak hal unik yang hanya Anda temui di Bali. Semua hal unik dan berbeda inilah yang akan membuat masa kecil si buah hati lebih berkesan.

  1. Banyak Pilihan Wisata Alam

Alam merupakan sekolah yang paling sempurna untuk siapa saja, termasuk anak-anak. Bali memiliki pemandangan alam yang beragam. Di sini Anda bisa menemukan pantai, sawah, hingga pegunungan.

 

Anak-anak akan belajar untuk menghargai keindahan alam, sekaligus menyaksikan keragamannya. Anda bisa sembari melatih buah hati untuk menjaga kelestarian alam. Diharapkan setelah liburan selesai, anak-anak bisa memahami mengapa mereka harus menjaga kebersihan dan merawat lingkungannya.

 

Tempat-tempat wisata alam yang bisa Anda pertimbangkan di antaranya adalah pantai Kuta, Sanur, Nusa Lembongan, dan Taman Botanikal di Ubud.

Baca Juga : Tak Sabar Mengajak Si Kecil Jalan-Jalan? Yuk, Siapakan MPASI Segar Untuk Travelling

  1. Petualangan Ramah untuk Anak

Tentu saja pengalaman liburan lebih berkesan dengan petualangan. Anda bisa mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan menarik di tempat wisata.

Misalnya snorkeling, surfing, atau berkunjung ke taman nasional. Dengan menyelipkan kegiatan yang membangkitkan adrenalin, momen liburan akan semakin berkesan. Ketika dewasa nanti, mereka akan tetap mengingat pengalaman saat bertualang bersama keluarga di Bali.

Bicarakan dulu dengan anak-anak, apa yang ingin mereka lakukan saat liburan. Dengan demikian, Anda sudah punya persiapan untuk kegiatan mereka. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kegiatan wisata yang akan dilakukan dalam sehari dengan baik. Hal ini untuk mencegah agar anak-anak tidak terlalu kelelahan.

Jangan sampai liburan merusak rutinitas yang sudah Anda tanamkan di rumah, seperti ibadah dan istirahat siang. Selain itu, anak-anak bisa terhindar dari sakit jika staminanya tetap dijaga. Anda pasti tidak mau liburan sambil mengurus anak yang sakit.

Baca Juga : Setelan Kece Ini Bakal Buat Si Kecil Modis dan Nyaman Saat Travelling!

  1. Pengalaman Mempelajari Keragaman

Berbeda dengan kehidupan di kota-kota lainnya di Indonesia, Bali memiliki nuansa kehidupan yang berakar dari budaya Hindu. Di sini Anda bisa menemukan banyak sesajen yang diletakkan di jalan, rumah, hotel, dan toko.

 

Dengan menghadapkan anak-anak dengan kehidupan yang berbeda, mereka akan belajar untuk menghargai perbedaan. Contoh, Anda bisa mengajarkan pada mereka untuk berhati-hati saat berjalan dan tidak menendang sesajen. Anda pun bisa mengajak mereka mengunjungi tempat-tempat dengan nuansa tradisional Bali, seperti Pura Taman Saraswati.

 

Pada beberapa kesempatan, ada pertunjukan-pertunjukan kesenian tradisional yang diselenggarakan di tempat pariwisata. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional Bali sebagai tambahan dari pengalaman liburan mereka.

 

  1. Menemukan Hal Baru

Liburan bisa Anda jadikan momen untuk mengajak si kecil mencoba hal baru. Adapun hal baru yang bisa mereka temukan di Bali di antaranya adalah makanan, pakaian, dan lain sebagainya.

 

Mengenalkan anak-anak dengan hal baru bisa membuat mereka lebih fleksibel nantinya dalam menghadapi berbagai situasi. Contohnya, Anda bisa mengajak mereka menyantap hidangan tradisional Bali, agar nantinya mereka memahami bahwa makanan yang berbeda juga memiliki rasa yang enak.

 

Anda juga bisa mengajak keluarga mengunjungi museum atau tempat-tempat bersejarah. Salah satu museum yang cocok untuk keluarga adalah Interactive Art Museum. Di sini anak-anak bisa mengabadikan momen dengan seni ilusi optis yang memukau.

 

Kalau sempat cobalah untuk berbincang dengan penduduk setempat sehingga Anda sekeluarga bisa memahami lebih dekat tentang kehidupan di Bali. Hal ini juga bisa menjadi kesempatan bagi anak-anak untuk berkomunikasi dengan orang baru.

 

  1. Pilihan Tempat Menginap Beragam

Bisa dikatakan kondisi alam Indonesia yang bersahabat memungkinkan pengusaha di bidang pariwisata untuk menyediakan tempat menginap yang nyaman dan unik. Mulai dari penginapan berupa hotel, apartemen, villa, hingga pondok seperti rumah pohon.

 

Semua tipe penginapan ini ada yang tersedia untuk digunakan oleh satu keluarga. Perlu diingat juga untuk mencari penginapan yang lebih dekat dengan tujuan wisata Anda. Hal ini bisa mengehamt waktu perjalanan.

 

Jadi, tentukan dulu pengalaman liburan apa yang ingin didapatkan, lalu tinggal cari penginapan yang tepat. Cara mendapatkan penginapan saat ini pun lebih mudah dengan bantuan internet. Cukup pastikan bahwa Anda memesan penginapan di platform yang terpercaya.

 

Biasanya, jika Anda menginginkan tempat penginapan yang memiliki pemandangan asri, jaraknya akan jauh dari bandara. Namun Anda bisa saja menggunakan jasa airport transfer Bali yang bisa mengantarkan Anda sekeluarga ke hotel langsung dari bandara.

Baca Juga : Yuk, Ajak Si Kecil Menikmati Serunya Keliling Kota Jakarta!

Sedangkan, untuk transportasi dari penginapan ke tempat wisata, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil atau taksi online. Dari segi ekonomis, Bali merupakan tujuan wisata yang tepat. Ada banyak penyedia jasa perjalanan yang memberikan promo untuk liburan dalam negeri, contohnya Traveloka. Anda bisa dapatkan tiket murah ke Bali di sini.

Sempatkan untuk merencanakan liburan keluarga walaupun sekali dalam setahun. Hal ini karena nantinya, kenangan yang mereka dapatkan saat liburan inilah yang akan mereka simpan hingga dewasa nanti. Pengalaman yang anak-anak dapatkan saat liburan, bisa membantu mereka untuk tumbuh sebagai orang yang memiliki pola pikir positif.

 





Sumber : https://RRI.MY.ID/alasan-bali-tujuan-wisata-menarik-anak/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *