Upaya PSSI soal Alih Status Ezra Walian Direspons Cepat FIFA | Bolaindo

  • Whatsapp



Upaya PSSI terkait alih status asosiasi yang menaungi Ezra Walian mendapat respons baik dari federasi sepak bola dunia, FIFA.

Bacaan Lainnya

PSSI mengupayakan alih status Ezra Walian agar pemain naturalisasi asal Belanda itu dapat kembali membela timnas Indonesia di laga resmi yang tercantum dalam kalender FIFA.

Pada hari ini, Jumat (11/6/2021), PSSI menerima surat balasan dari FIFA yang menyatakan akan memproses dokumen yang telah dikirim terkait alih status Ezra Walian.

“Iya, hari Jumat ini kami menerima surat dari FIFA yang ditandatangani oleh Head of Players Status FIFA, Erika Montemor Ferreira,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Yunus Nusi mengatakan, PSSI sangat serius dalam memperjuangkan alih status Ezra Walian. Mereka telah melakukan kajian terhadap aturan terbaru FIFA.

PSSI juga berupaya memberikan bukti-bukti pendukung yang dinilai dapat memperkuat status sang pemain untuk Indonesia.

Menurutnya, dokumen terakhir yang dikirimkan federasi dan mendapat respons dari FIFA adalah akte lahir orang tua Ezra Walian.

“Terakhir kami terima dokumen akte kelahiran bapaknya Ezra,” ujar Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI.

Ia pun menjelaskan, proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra Walian dari Belanda ke Indonesia tidak mudah sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Seperti yang diketahui, penyerang Persib Bandung itu telah telah dilarang membela timnas Indonesia di pertandingan resmi pada kalender FIFA sejak 2019.

Waktu itu Ezra tak diizinkan bermain di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 setelah FIFA menerima memorandum dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Adapun memorandum KNVB itu menyatakan bahwa Ezra Walian pernah bermain untuk timnas Belanda di kelompok umur U-15, U-16, dan U-17.

Namun Yunus Nusi dan PSSI berharap datangnya surat respons dari FIFA yang menyatakan diprosesnya dokumen dapat mempercepat alih status sang pemain.

“Dengan proses ini, PSSI berharap agar Ezra dapat segera bermain lagi bersama timnas Indonesia,” ucap Yunus Nusi.

Hingga saat ini, komunikasi dengan FIFA maupun KNVB tetap aktif terjalin. PSSI berharap langkah-langkah yang ditempuhnya mendapat dukungan dari Ezra dan keluarga.

“Yang jelas PSSI berusaha semaksimal mungkin untuk Ezra, yang mungkin saja banyak dialami beberapa pemain lainnya baik yang berhubungan dengan Indonesia maupun negara lainnya,” kata Yunus Nusi.

Berita Terkait





Sumber : https://bolaindo.com/2021/06/11/upaya-pssi-soal-alih-status-ezra-walian-direspons-cepat-fifa/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *