Tingkatkan Pemeriksaaan Ibu Hamil untuk Cegah Stunting

  • Whatsapp


REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang akan melakukan sejumlah cara, untuk menekan angka stunting. Salah satunya, dengan meningkatkan pemeriksaan ibu hamil.

“Semula empat kali, kini menjadi enam kali pemeriksaan,” ucap Ali pada kegiatan rembuk stunting di aula lantai IV Kantor Bupati Rembang, Kamis (10/6/2021).

Disampaikan, upaya tersebut perlu dilakukan, sebab angka stunting di Kabupaten Rembang terus meningkat. Berdasarkan riset kesehatan dasar, angka stunting pada 2019 sebesar 22,9 persen, kemudian pada 2020 naik menjadi 24,97 persem.

Menurutnya, salah satu pemicu kenaikan angka stunting tersebut, adalah pandemi Covid-19. Ali mencontohkan, karena pandemi, tiap kali warga membutuhkan layanan Posyandu, harus dirapid dulu, sehingga partisipasinya menurun tajam. Selain itu, pernikahan usia muda juga turut berpengaruh.

“Hal itu membuat pola asah asih asuh menjadi belum optimal,” tuturnya.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menuturkan, perlu dukungan banyak pihak untuk mengatasi stunting pada anak, sehingga tidak bisa dibebankan kepada Dinas Kesehatan saja.

“Supaya memonitor bayi dalam kandungan sampai dua tahun di luar kandungan, diawasi tenaga kesehatan dan lembaga-lembaga keagamaan yang ada di sekitarnya. Insyaallah melalui kolaborasi ini penanganan stunting bisa cepat teratasi,” ujarnya.

Penulis: Kontributor Kab Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng





Sumber : https://jatengprov.go.id/beritadaerah/tingkatkan-pemeriksaaan-ibu-hamil-untuk-cegah-stunting/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *