Mengajarkan Anak Membuang Sampah pada Tempatnya

  • Whatsapp
Mengajarkan Anak Membuang Sampah pada Tempatnya


Membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu bentuk kita peduli terhadap kebersihan lingkungan. Jadi sudah sepatutnya sebagai orang tua, kita mengajarkan kepada anak tentang hal ini sejak dini. Hmm, sepertinya ini saat yang tepat untuk mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya, Mums!

Bacaan Lainnya

 

Alasan Harus Mengajarkan Anak Membuang Sampah pada Tempatnya Sejak Dini

Entah mengapa, masih banyak orang tua memaklumi anak mereka yang suka membuang sampah sembarangan. Selain alasan “namanya juga masih anak-anak”, usia yang masih kecil juga kerap menjadi pembenaran untuk pembiaran perilaku anak.

 

Padahal, inilah beberapa alasan harus mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya sejak dini:

  • Semakin muda, semakin cepat dan mudah bagi anak untuk memahami pentingnya hal tersebut.
  • Secara langsung, si Kecil dapat menjadi contoh bagi orang dewasa yang masih lalai dalam urusan membuang sampah.
  • Bila sudah besar, anak akan semakin sulit diajarkan mengenai pentingnya tidak membuang sampah sembarangan.

 

Nah, agar si Kecil tidak ikut-ikutan menjadi penyebab banjir, mulailah mengajarkan dirinya untuk membuang sampah pada tempatnya.

 

Baca juga: Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

 

 

Bagaimana Caranya Mengajarkan Anak Membuang Sampah pada Tempatnya

Inilah 4 cara yang dapat Mums dan Dads terapkan untuk mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya!

 

  1. Langsung menjadi panutan lewat contoh nyata

Anak adalah peniru sempurna orang tuanya. Maka dari itu, daripada hanya menyuruh, mulailah dari Mums dan Dads sendiri. Bila langsung memberi si Kecil contoh, seperti selalu membuang sampah di tong sampah, maka anak akan otomatis mengikuti perbuatan yang sama.

 

  1. Letakkan beberapa tempat sampah di titik-titik strategis di rumah

Di ruang publik, banyak orang yang cuek membuang sampah sembarangan dengan alasan tidak menemukan tong sampah. Nah, mulailah dengan meletakkan beberapa tempat sampah di titik-titik strategis di dalam rumah. Misalnya, di kamar si Kecil, ruang bermain, hingga ruang tengah.

 

  1. Ajari anak untuk bersabar bila belum menemukan tong sampah

Lalu, bagaimana bila saat jalan-jalan di luar kesulitan menemukan tong sampah? Nah, jangan sampai ikut-ikutan mereka yang malas buang sampah pada tempatnya ya, Mums. Biasakan menyimpan sampah di dalam kantong plastik atau kantong khusus dulu sambil mencari tong sampah. Bila sudah ketemu, barulah membuang sampah tersebut.

 

Baca juga: Kapan Harusnya Anak Berhenti Mengompol?

 

  1. Jadikan kegiatan membuang sampah seperti sebuah permainan

Jangankan membuang sampah, membereskan mainan sendiri saja si Kecil masih sulit. Namun, Mums bisa menjadikan acara membereskan mainan seperti sebuah permainan. Misalnya, anak akan mendapatkan 100 poin untuk setiap mainan yang mereka kembalikan ke kotak. Jumlah nilai bisa Mums akumulasikan untuk hadiah tertentu, misalnya mengajaknya jalan-jalan ke taman atau membelikannya buku cerita baru.

 

Nah, Mums juga bisa menerapkan strategi yang sama dalam mengajari anak membuang sampah pada tempatnya. Labeli beberapa tong sampah di rumah dengan angka. Misalnya, tong sampah di kamar anak ditempeli stiker dengan angka 100, di ruang tengah 50.

 

Setelah itu, hitung total skor yang sudah didapatkan si Kecil berdasarkan jumlah sampah yang dibuangnya di tong dalam sehari. Setelah itu, Mums bisa memberikan imbalan. Misalnya, tambahan waktu bermain di playground, jalan-jalan, atau berenang. Namun seperti biasa, jangan terlalu sering juga memberikan si Kecil imbalan ya, Mums. Sebagai contoh, cukup sekali dalam sebulan.

 

Sebagai langkah awal, coba lakukan 4 cara di atas ya, Mums. Ingat, Mums dan Dads juga harus konsisten menjadi panutan. Setelah anak sudah cukup besar, barulah Mums mengusulkan kegiatan-kegiatan lain untuk menjaga kebersihan lingkungan. Selamat mencoba! (AS)

 

Baca juga: Mums, Ini 5 Keterampilan Sosial yang Wajib Orangtua Ajarkan pada Anak

 

Referensi

Green Eco Services: TOP 10 WAYS FOR PARENTS TO TEACH KIDS TO NOT LITTER

New Haven Independent: Teach the Kids Not to Litter?

Siedoo: Membiasakan Anak Sejak Dini, Membuang Sampah pada Tempatnya

Portal Madura: Ajari Si Kecil Membuang Sampah pada Tempatnya dengan 4 Cara Ini





Sumber : https://www.guesehat.com/mengajarkan-anak-membuang-sampah-pada-tempatnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *