Dorong Penjualan, Indofarma Jajaki Pasar Ekspor di Sejumlah Negara

  • Whatsapp


RRI.MY.ID – Pasar ekspor kini menjadi salah satu bidikan perusahaan farmasi BUMN PT Indofarma dalam menghimpun pendapatan. Tujuan ekspor produk obat-obatan Indofarma meliputi Afganistan, Singapura, Vietnam dan Kamboja. Sementara Irak,Azerbaijan, Nigeria, dan Timor Leste masih dalam penjajakan.

Bacaan Lainnya

“Kita kembali melakukan ekspor produk obat sebanyak 4 unit kontainer dengan tujuan Karachi untuk memenuhi kebutuhan pasar obat di Afganistan,” ujar Direktur Utama PT Indofarma, Arief Pramuhanto dalam keterangannya, Jumat (11/6).

Arief menyebutkan bahwa PT Indofarma telah menjalin kerjasama dengan Hikmat Hanafi Ltd, yakni perusahaan distribusi farmasi yang berada di Negara Afghanistan selama lebih dari 20 Tahun.

Produk yang diekspor terdiri dari obat ethical generik, ethical branded dan OTC. Dan salah satu Produk Pareto untuk Afghanistan adalah OBH Plus dan Indomag Syrup.

Sepanjang 2020, Indofarma mencatatkan penjualan segmen produk obat sebesar Rp 865,86 miliar, naik Rp 140,09 miliar atau 19,30 persen dibandingkan tahun 2019 yang tercatat sebesar Rp 725,77 miliar. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh pertumbuhan nilai penjualan segmen ekspor sebesar 27,11 persen atau Rp 3,91 miliar dibandingkan dengan tahun 2019 senilai Rp 14,42 miliar menjadi Rp 18,33 miliar.

Tahun ini, Indofarma mentargetkan pasar ekspor sebesar Rp 22 miliar. Hingga Mei 2021 permintaan kebutuhan (purchase order) yang telah diterima sudah mencapai sekitar Rp 23 miliar sehingga diharapkan target tahun ini akan dipenuhi.

Editor : Mohamad Nur Asikin





Sumber : https://www.RRI.MY.ID/ekonomi/bisnis/11/06/2021/dorong-penjualan-indofarma-jajaki-pasar-ekspor-di-sejumlah-negara/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *