Cara Mengatasi Baterai Ponsel Tidak Cepat Panas


RRI, Jakarta: Ponsel dipakai sebagai kebutuhan sehari-hari kerap kali mengalami keadaan panas di bagian baterai.

Hal tersebut bisa dikarenakan lamanya waktu ponsel digunakan untuk bermain game ataupun menonton video.

Berikut cara mengatasi ponsel supaya tidak cepat panas;

1. Pertolongan pertama ketika ponsel terasa panas adalah dengan menanggalkan sarung atau case, mungkin bisa memerangkap panas.

2. Tempuh cara mengaktifkan mode pesawat untuk segera menonaktifkan fitur bikin boros daya seperti wireless radio, Bluetooth, WiFi, atau pencarian sinyal selular. Setelahnya, non aktifkan lagi mode pesawat agar ponsel bisa digunakan.

3. Tutup aplikasi, terutama aplikasi berat semacam game. Jika digunakan terus menerus, semakin mudah smartphone mengalami overheat. Pernah dengar komputer berbunyi berisik? Itu adalah bunyi kipas angin internal untuk mendinginkan suhu komputer. Nah, ponsel pun kira-kira tak jauh beda.

4. Kenapa HP cepat panas juga karena casing ponsel terkadang menahan suhu panas. Jadi ketika ponsel mulai terasa panas, lepaskan dulu casing tambahannya sampai suhunya normal. Atau, beli casing dirancang untuk mengurangi panas, bukan sangat tebal misalnya.

5. Sama seperti membuka aplikasi yang berat seperti game, tingkat kecerahan layar juga bisa mempengaruhi suhu ponsel. Semakin terang layar ponsel, maka akan semakin menguras baterai. Jadi, coba turunkan tingkat kecerahan layar.

6. Simpanlah ponsel di tempat-tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik atau berada di suhu ruangan ber-AC. Hal tersebut cukup berpengaruh terhadap kualitas ponsel itu sendiri.

Usahakan juga jangan menyimpan ponsel di bawah bantal karena ini juga akan berpengaruh meningkatkan panas, bahkan terkena resiko rusak karena tertindih badan saat tidur.





Sumber : https://rri.co.id/go/7Bc4LwJ

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *