Konsumsi Sayuran dan Buah Ini untuk Program Hamil

  • Whatsapp
Konsumsi Sayuran dan Buah Ini untuk Program Hamil


Mums dan Dads, saat ini apakah lagi Program hamil (Promil)? Ada banyak cara yang dapat dilakukan pasangan suami istri untuk dapat hamil secara alami. Makanan adalah salah satu yang diketahui dapat berkontribusi terhadap kesuburan.

 

Berdasarkan hasil studi, makanan yang mengandung zat-zat tertentu berperan dalam meningkatkan kesuburan sehingga mensukseskan program hamil. Sebuah studi dari BMC Pregnancy and Child Birth mengungkapkan bahwa wanita yang mengganti gaya hidup dengan mengonsumsi buah dan sayur mengalami peningkatan peluang kehamilan.

 

 

Baca juga: Mums, Mau Cepat Hamil? Ini Tips Promil Berhasil!

 

Sayuran dan Buah Ini untuk Program Hamil

Sayuran dan buah-buahan berikut diketahui dapat membantu program hamil Mums dan Dads jika dikonsumsi secara rutin.

 

1. Pisang

Pisang dikenal kaya akan kalium. Kandungan kalium dalam pisang dapat membantu sperma bertahan lebih lama di dalam rahim. Selain itu pisang juga kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 diketahui sebagai salah satu vitamin kesuburan untuk program hamil dengan cara membantu menurunkan kadar homosistein di dalam darah. Kadar homosistein yang tinggi di dalam folikel dapat mempengaruhi masa subur.

 

2.  Stroberi

Stroberi dikenal kaya antioksidan sehingga mencegah kerusakan sel telur dan juga penuaan dini. Selain itu stroberi dapat meningkatkan libido Mums.

 

3. Tomat

Tomat dikenal kaya akan vitamin C yang berperan dalam mengatur kadar pH sperma. Tomat yang dimasak mengandung likopen tinggi yang dapat berfungsi meningkatkan jumlah sel sperma dan meningkatkan kecepatan gerak sperma Dads.

 

Baca juga: Pemeriksaan USG Juga Penting saat Promil, Lho!

 

4. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan sel telur. Alpukat juga diketahui kaya akan asam folat. Asam folat yang nama lainnya vitamin B9 jika dikonsumsi laki-laki dapat meningkatkan kualitas sperma dan jika dikonsumsi oleh wanita dapat mencegah bayi lahir cacat.

 

5. Delima

Buah delima dikenal sebagai lambang kesuburan. Delima mengandung zat-zat yang terbukti meningkatkan kesuburan, seperti vitamin A, vitamin E, asam folat, dan kalium. Delima juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan.

 

6. Tauge

Sayuran satu ini sudah tidak asing lagi dan sering dikonsumsi karena dikenal dapat meningkatkan kesuburan. Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alfa dapat membantu kesuburan pria dengan cara meningkatkan kualitas sperma. Tauge juga kaya akan vitamin B6 juga Zinc. Zinc berperan dalam meningkatkan bentuk normal, fungsi, dan kualitas sperma.

 

7. Baby Kol

Baby kol kaya akan asam folat yang penting dalam perencanaan kehamilan. Asam folat untuk program hamil tidak hanya dapat meningkatkan kesuburan, juga menunjang tumbuh kembang janin.

 

Baca juga: Persiapan Promil, Mulai dari Fisik, Materi, hingga Psikis
 

8. Kacang hijau

Omega-3 yang terdapat pada kacang hijau bermanfaat untuk meningkatkan hormon reproduksi. Ketika hormon reproduksi bekerja dengan baik, maka peluang kehamilan meningkat. Kandungan omega 3 juga membantu menguatkan dinding rahim sehingga rahim siap untuk dibuahi. Pada pria, omega 3 dapat menstimulasi darah ke organ seksual serta meningkatkan fungsi seksual dan kualitas sperma. 

 

9. Kacang almond

Kacang almond diketahui dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Pria yang sering mengkonsumsi almond memiliki jumlah dan kualitas sperma yang tinggi. Sedangkan pada wanita, almond mengandung vitamin E yang berperan mengatur produksi lendir leher rahim yang penting untuk pembuahan.

 

10. Kacang panjang

Kandungan zat besi di dalam kacang panjang bermanfaat terhadap kesuburan. Zat besi diketahui dapat mencegah gangguan ovulasi pada wanita. Kacang panjang juga mengandung fitoestrogen yang baik untuk kesehatan reproduksi.

 

Nah, Mums dan Dads tidak ada salahnya memperbanyak konsumsi sayuran dan buahan dalam menu kamu sehari-hari. Selain menyehatkan tubuh, sayuran dan buah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan reproduksi.

 

 

Baca juga: Cara Mempersiapkan Mental Selama Promil

 

 

Referensi

1. Marianne, et al. 2017. Changes in fruit and vegetable consumption habits from pre-pregnancy to early pregnancy among Norwegian women. BMC Pregnancy and Childbirth.

2. AJ Gaskins. 2018. Diet and Fertility: A Review. Am J Obstet Gynecol. Vol. 218(4).p. 379–389.

3. Fertility Boosting Foods. https://www.healthywomen.org/

 

 

 

 





Sumber : https://www.guesehat.com/konsumsi-sayuran-dan-buah-untuk-program-hamil

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *