Mulai Juni 2021, Google Photos Tak Lagi Gratis, Ini RInciannya! – Mamapapa.id

  • Whatsapp


Ada berita terbaru dari Google Photo nih Mams. Mulai 1 Juni 2021, cadangkan foto ke Google Photos sudah tidak lagi gratis. Pernyataan ini sudah disampaikan oleh pihak Google sejak tahun 2020 lalu. Sebelumnya Google memberikan layanan penyimpanan gratis tanpa batas selama lima tahun terakhir. Menurut Google melalui blog resmi, terdapat 28 miliar foto dan video baru yang diunggah setiap minggunya. Kebijakan ini pun berubah menjadi berbayar (jika penyimpanan melebihi 15 GB) yang akan berlaku pada 1 Juni nanti. Lantas, bagaimana dengan foto lama?

Google Photo Menyimpan Foto-foto Lama

Sejak kemunculannya pada Mei 2015 lalu, Google Photos memberikan layanan penyimpanan foto secara cuma-cuma alias gratis kepada pengguna. Layanan ini dapat menyimpan gratis tanpa batas untuk video hingga 1080p dan foto hingga 16 megapiksel. Hal ini membuat Google Photos menjadi tempat yang paling nyaman untuk menyimpan foto-foto lama agar tidak hilang.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Dimulai Minggu Ini Mams!

Google Photos juga dilengkapi dengan fitur yang pintar berupa fitur pencarian. Kemampuannya dalam mengklasifikasikan benda dan hewan membuat Mampaps dapat menggunakan istilah apapun untuk mencari foto atau video yang tersimpan di dalamnya. Selain itu, Google Photos juga akan secara otomatis memberikan tag pada fotomu berdasarkan pengenalan wajah, lokasi hingga jenis gambar dan membuatnya seperti folder khusus. Mampaps pun semakin mudah mencari foto-foto lama yang diambil di lokasi tertentu.

Sebelumnya, Mampaps bisa menggunakan penyimpanan besar di Google Photos secara gratis. Hal ini sangat menguntungkan bagi gadget yang memiliki ruang penyimpanan terbatas atau bahkan kecil. Sayangnya, kini penyimpanan gratis tersebut hanya tinggal kenangan. Mams masih bisa menggunakannya dengan ruang penyimpanan maksimal 15 GB.

Baca Juga: Jerat Pinjaman Online Solusi Mudah Menyesatkan

Google Photo Tak Lagi Gratis, Bagaimana dengan Foto Lama?

Meskipun Google Photo tak lagi gratis, tidak perlu khawatir akan foto-foto lama ya Mams. Sebab, pihak Google sudah menegaskan bahwa seua foto dan video yang telah terunggah di Google Photos akan tetap bisa diakses selama belum mencapai 15 GB. Kapasitas penyimpanan 15 GB dinilai cukup besar dan pihak Google memperkirakan bahwa kapasitas tersebut dapat menampung media penyimpanan pribadi sekitar tiga tahun lamanya. Bagi pengguna yang merasa perlu akan penyimpanan berskala besar seperti keperluan perusahaan, Google menawarkan Google One yang tentunya berbayar.

Harga Layanan Google One

Layanan Google One dapat dinikmati dengan membayar 2 dolar AS atau sekitar Rp 30 ribuan per bulannya dengan kapasitas penyimpanan seluas 100 GB. Jika Mampaps tidak menginginkan adanya fitur auto-backup untuk menghemat penyimpanan, Mampaps bisa menonaktifkannya. Setelah itu, Mampaps bisa menyortir gambar sebelum mencadangkannya di waktu yang akan datang. 

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Pencadangan dan Sinkronisasi

Dikutip dari Pusat Bantuan Google, berikut cara mengaktifkan dan menonaktifkan pencadangan dan sinkronisasi.

  1. Buka aplikasi Google Foto di Android
  2. Login ke Akun Google.
  3. Di kanan atas, ketuk foto profil atau inisial akun.
  4. Pilih Setelan Foto lalu Pencadangan & sinkronisasi.
  5. Ketuk untuk mengaktifkan atau menonaktifkan “Pencadangan & sinkronisasi”.

Hal-hal yang perlu diingat tentang setelan ini:

  • Mengubah setelan pencadangan akan mempengaruhi semua aplikasi yang menggunakan fitur Pencadangan & sinkronisasi.
  • Menghapus aplikasi Google Foto dari perangkat tidak akan menonaktifkan fitur Pencadangan & sinkronisasi yang sudah aktif. Untuk menonaktifkannya, ikuti petunjuk di atas.

Mengubah Setelan Pencadangan

  • Memilih Akun Google untuk mencadangkan foto dan video: Di bagian “Akun cadangan”, ketuk nama akun.
  • Mengubah ukuran upload: Ketuk Ukuran upload.
  • Mencadangkan folder perangkat: Ketuk Cadangkan folder perangkat dan pilih folder yang ingin dicadangkan.
  • Mencadangkan dengan data seluler: Jika tidak ingin menunggu Wi-Fi untuk mencadangkan video, pada “Penggunaan data seluler”.
  • Mencadangkan saat roaming: Di Foto, buka Setelan dan ketuk Pencadangan & sinkronisasi lalu Penggunaan data seluler dan aktifkan Cadangkan saat roaming.

Selamat bagi Pengguna Google Pixel!

Kebijakan pembatasan layanan penyimpanan media tidak berlaku bagi Mampaps yang menggunakan Google Pixel. Pengguna Google Pixel masih dapat mengunggah foto dan video ke Google Photo secara gratis tanpa batas penyimpanan setelah tanggal 1 Juni 2021.

Baca Juga: Awas Langgar Lalu Lintas Pakai Poin, Tak Bisa Perpanjang SIM Hingga Dicabut!

 Nah itulah terkait kebijakan Google Photo yang tak lagi gratis. Selama gadget digunakan hanya untuk penyimpanan pribadi, Mampaps tidak perlu khawatir karena batasan kapasitas diperkirakan dapat menampung banyak foto dalam waktu yang cukup lama.





Sumber : https://mamapapa.id/google-photo-tak-lagi-gratis-mulai-besok-apakabar-foto-foto-lama-mampaps/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *