Bahaya yang Muncul dari Kebiasaan Tidak Mandi Setelah Olahraga

  • Whatsapp


Ketika berolahraga, tubuh biasanya bakal bersimbah keringat sehingga pakaian bakal menjadi sangat basah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk segera mandi sebelum melakukan aktivitas lain.

Hal ini harus dilakukan bukan hanya karena bau badan tak sedap yang muncul dari tubuhmu semata. Dilansir dari Live Strong, terdapat alasan lain mengapa kamu harus mandi setelah berolahraga.

“Tentu saja kamu mau mengenyahkan bau keringat agar tidak dijauhi orang lain, namun terdapat manfaat kesehatan juga dari hal ini,” terang Ashish Sharma, MD dari Yuma Regional Medical Center.

“Selama olahraga intens, kamu mungkin mengalami ruam, kulit pecah-pecah, dan risiko masuknya bakteri, yang berkembang secara pesat pada kulit berkeringat. Mandi bisa membantu mencegahnya,” 

Tidak mandi setelah olahraga bisa membuat keringat dan minyak alami menumpuk di kulit sehingga menumpuknya lapisan lilin.

“Hal ini bisa menyebabkan peradangan di pori-pori yang berujung munculnya jerawat,” jelas Arash Akhavan, MD, pendiri Dermatology and Laser Group di New York City.

Jenis olahraga yang kamu lakukan juga bisa sangat berpengaruh.

“(Mandi) Semakin penting bagi orang-orang yang biasa berolahraga di luar ruangan seperti mendaki atau bersepeda,” terangnya.

“Dengan tujuan untuk membersihkan diri dari debu luar ruangan, polusi lingkungan beracun pada kulit,” 

Lebih jauh, enggan untuk mandi setelah olahraga juga bisa berujung pada infeksi.

“Pasalnya, jamur tumbuh lebih pesat pada lingkungan yang hangat dan lembap, sport bra berkeringat merupakan penyebab umum infeksi jamur di bagian bawah dan sekitar payudara,” jelas Dr. Akhavan.

“Seusai berolahraga, hal terbaik untuk dilakukan setelah berolahraga adalah mencopot sports bra, mandi, kemudian mengeringkan diri,

Ketika kamu terlalu sibuk dan tidak sempat mandi setelah berolahraga, pastikan untuk menunggu sementara waktu. Tunggu 15 menit setelah kamu usai berolahraga. Hal ini untuk memberi waktu mendinginkan tubuh.

Kamu juga bisa mengelap tubuh dengan handuk serta cuci tangan untuk mengusir keringat. Semprotkan juga parfum dan ganti baju untuk menghilangkan bau keringat.

Disarankan untuk melakukan pendinginan setelah olahraga dan minum cukup cairan. Walau begitu, tidak langsung mandi tetap boleh dilakukan asal tidak terlalu sering.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *